Kihon Genri (Prinsip Dasar) : Chusin

Dalam aikido, ada yang disebut dengan kihon genri atau dikenal juga sebagai prinsip dasar. Dalam artikel ini mari kita bahas mengenai Chusin atau Garis Tengah / Center Line

CHUSIN (GARIS TENGAH/CENTER LINE)

Segala sesuatu selalu memiliki garis tengah / garis pusat sebagai titik pusat tumpuan atau poms keseimbangan. Pada tubuh manusia garis pusat keseimbangan dimulai dari titik seika tanden yang berada kira-kira 3 jari dibawah pusar. Kemudian ditarik garis lurus keatas melalui bagian tengah tubuh hingga berakhir pada ubun-ubun kepala dan dari tanden ditarik garis lurus ke arah bawah, sehingga jatuh tepat diantara dua kaki pada posisi Shizen Tai.

Pada saat anda berkonsentrasi di garis tengah tersebut, Anda akan merasa lebih seimbang, stabil dan terfokus. Posisi selanjutnya untuk melatih Chusin adalah pada posisi Kamae. Pada posisi ini anda dapat melihat dan merasakan keberadaan Chusin sebagai garis imajiner dalam latihan. Bagi para pemula, wajib untuk mengkonsentrasikan setiap gerakan dan tehnik yang mereka lakukan pada Chusin.

Fokuskan tubuh, tangan, pinggang dan kaki dalam satu garis lurus. Bergeraklah secara simultan. Chusin juga berfungsi sebagai garis penghubung antara anda dan lawan, bagaikan jembatan yang menghubungkan 2 daratan yang terpisah. Chusin dapat menghubungkan “Ki” anda dan “Ki” lawan anda dalam sebuah garis lurus. Apabila Ki anda telah menjadi sebuah garis lurus dengan lawan anda, maka secara otomatis lawan akan kehilangan garis keseimbangannya dan akan terikat dengan garis keseimbangan anda. Maka dengan demikian, anda dapat mengendalikan lawan anda dengan ringan dan mudah, tanpa mengalami konflik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shared on wplocker.com