Kihon Genri (Prinsip Dasar) : Su Chu

Su Chu adalah fokus atau kemampuan untuk proyeksi

Kemampuan untuk memfokuskan seluruh elemen kekuatan material dan immaterial ke satu arah atau pun satu titik, merupakan hal yang sangat esensial dalam memahami arti “kekuatan” dalam Aiki. Bahkan pada level seseorang telah mampu memelihara “Chushin” (centre line) dengan sangat baik namun pada saat bergerak ia gagal memfokuskan seluruh elemen “kekuatan” yang ia miliki dengan baik, maka ia akan mengalami kesulitan, bahkan kegagalan dalam melakukan teknik.

Elemen-elemen kekuatan yang dimaksud adalah tubuh, pikiran, nafas dan Ki seseorang. Pada dasarnya, hal yang pertama harus diproyeksikan adalah pikiran karena pikiran adalah elemen pertama yang menentukan arah gerak tubuh. Koordinasikan nafas dan Ki pada saat telah berhasil memfokuskan fikiran ke satu arah, maka secara otomatis seluruh elemen lainnya akan menjadi satu kesatuan, serta menghasilkan sebuah kekuatan yang terfokus.
Meskipun demikian, pikiran seseorang sangat mudah berubah dan terpecah oleh keadaan tertentu. Karenanya kekuatan nafas (kokyu) berperan sangat penting untuk memperkuat dan menjaga focus pikiran seseorang agar tetap terproyeksikan ke satu arah. Disisi lain kokyu juga mampu memelihara ketenangan dan relaksasi. Sekali seseorang telah menguasai cara memproyeksikan “kekuatannya”, maka ia akan bergerak dengan mudah kearah manapun, baik gerakan dalam bentuk garis lurus maupun gerak melingkar. Ingatlah dalam melakukan gerakan apapun, tanpa proyeksi energi yang baik, maka gerakan tersebut menjadi sangat lemah dan rapuh.

Hal terpenting yang perlu diingat dalam melatih “suchu” bukanlah untuk menjadi lebih kuat dari lawan, tetapi lebih kepada kemampuan untuk menyatukan seluruh elemen-elemen kekuatan agar dapat menyatu dengan kekuatan yang datang dari luar, sehingga tidak lagi ada keterpisahan kekuatan yang satu dengan yang lain hingga pada akhirnya seseorang dapat menyatu dengan energi alam semesta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shared on wplocker.com